Senin, 30 Januari 2012

#include

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa preprocessor #include merupakan perintah untuk melampirkan file tertentu yang biasa disebut header atau library. Perintah #include <namafile> digunakan untuk melampirkan file dari direktori include. Perintah #include "namafile" digunakan untuk melampirkan file dari direktori aktif. Nah sekarang bagaimana cara untuk melampirkan file dari suatu direktori yang bukan merupakan direktori include maupun direktori aktif?

Mungkin ini bukan topik yang berat. Dan banyak dari Anda yang sudah tahu. Namun sepertinya penting bagi saya untuk menuliskannya. Baiklah, untuk melampirkan file dari suatu direktori, anda dapat menggunakan syntax preprocessor #include "fullpath/namafile". Tanda slash (“/”) bukan merupakan  “atau”. Namun memang tanda itu digunakan untuk memisahkan hirarki pada fullpath. Yang pada lingkungan Windows biasanya ditulis dengan backslash (“\”). Sehingga dalam C/C++, kita biasa menuliskannya dengan double-backslash(“\\”).

Jadi, apabila kita ingin melampirkan file “C:\kumpulan_header\matematika.h”, maka kita bisa menambahkan perintah berikut:

#include "C:/kumpulan_header/matematika.h"

Demikian tulisan singkat dari saya. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Agus Nurhadi mengatakan...

maaf boleh saya minta listing programnya gan?

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles