Selasa, 06 November 2012

Membaca Isi File (Full Version)

Baiklah, berhubung banyak yang menagih janji yang pernah saya utarakan pada buku saya yang pertama, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk membaca seluruh isi file dan menampilkannya ke std::output.

Untuk kode lengkap, Anda dapat mengunduh langsung pada tautan yang disertakan pada akhir post ini. Jadi pada post ini, kita hanya akan membahas bagian penting dari aplikasi ini. Di bawah ini adalah potongan kode (snippet) dari aplikasi kita.

while ( (karakter = fgetc(inFile)) != -1)
{
    cout << karakter;
}

Pada snippet diatas, karakter adalah variable bertipe char dan inFile adalah pointer dari FILE. Disini, hal yang perlu diperhatikan adalah fungsi fgetc(). Fungsi fgetc() ini merupakan fungsi yang mengambil karakter yang ditunjuk oleh penunjuk karakter pada file yang dibuka oleh fungsi fopen(). Pada saat dibuka pertama kali, penunjuk karakter ini menunjuk karakter pertama atau ke-0.

Keunikan dari fungsi fgetc() ini, setelah fungsi ini mengambil karakter yang ditunjuk dan me-return-kannya, fungsi ini akan menggeser penunjuk ke karakter selanjutnya. Jadi semisal ada kata “jaipong” dan pointer saat itu menunjuk ke karakter ‘i’, setelah fungsi fgetc() dipanggil dan mengembalikan nilai ‘i’, pointer akan digeser untuk menunjuk karakter ‘p’.

 Jika penunjuk menunjuk akhir dari file (end of file) maka fungsi fgetc() ini akan mengembalikan nilai -1. Untuk mengatur posisi dari penunjuk, Anda dapat menggunakan fungsi fseek(). Berikut adalah penampakan dari hasil eksekusi program.


Saya menggunakan contoh lirik lagu noah – separuh aku karena sepertinya lagu tersebut memang sedang ngetrend haha.

Oh ya, kalau memang ada masukan atau saran tentang apa yang harus saya tulis atau apa yang harus saya perbaiki kedepannya, kirim saja email ke rdiearth@yahoo.com. Saya sering bingung mau nulis apa jadinya saya anggurin blog ini dalam waktu yang cukup lama.

Oke sekian dari saya, semoga dapat membantu.

Link dowload.

2 komentar:

peekaboom mengatakan...

kapan buat buku lagi??? saya sangat senang baca buku masuki dunia hacker dengan C++. di tunggu karya selanjutnya.

Unknown mengatakan...

apa kbr gan..???buatlah konten2 ttg program bahasa c++ dan ttg reverse engenering dg c++ ...goodluck??

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles